logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sekolah Jadi Kandang Kambing

Sekolah Jadi Kandang Kambing

Pendidikan merupakan dasar pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak bangsa dengan melalui suatu kurikulum. Namun, dalam mencapai tujuan pendidikan yang dilaksanakan di

Pengaduan Pendidikan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
27 Desember, 2017 16:37:37
Pengaduan Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 877 Kali

Pendidikan merupakan dasar pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak bangsa dengan melalui suatu kurikulum. Namun, dalam mencapai tujuan pendidikan yang dilaksanakan di dalam sekolah tentu harus didukung oleh sarana dan prasarana. Selain itu, keamanan dan ketertiban, serta kebersihan lingkungan juga menjadi pendukung agar berlangsungnya pendidikan secara seksama. Sebuah potret sekolah yang terletak di desa Pulau Maringkik, Kecamatan Kruak, Kabupaten Lombok Timur memiliki gedung yang berlantai keramik, namun kebersihan lingkungan kurang mendapat perhatian dari pihak sekolah. Sejumlah ruangan kelas dikuasai oleh hewan berupa kambing, sehingga kotoran kambing tersebut berserakan di sudut-sudut ruangan. Pada waktu tertentu, komunitas kambing tersebut berkeliaran di halaman sekolah, bahkan memasuki ruangan pembelajaran tanpa mendapat izin.

Sekolah Dasar Negeri 02 Tanjung Luar adalah satu-satunya sekolah dasar yang terletak di desa tertinggal Pulau Maringkik. Sekolah ini telah berhasil mendidik dan menamatkan generasi penerus bangsa hingga banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, bahkan sekitar 30 warga di pulau kecil ini telah meraih gelar sarjana. Namun sekolah yang merupakan tempat mereka pertama kali mengecap pendidikan formal masih butuh perhatian khusus, yaitu tentang kesehatan lingkungan.

Abdul Kadir selaku kepala sekolah pada SDN 02 Pulau Maringkik sangat prihatin pada keberadaan sekolah yang kebanyakan tak berpintu. “Gedung sekolah ini lumayan bagus, apalagi terdapat dua blok yang berlantai keramik. Sayangnya belum ada tanggapan baik dari pemerintah untuk memberikan bantuan dana agar gedung yang disumbangkan oleh Pertamina dapat dibenahi dan difungsikan dengan baik,” ujar Eko dengan nada suara yang rendah.

Demikian juga dengan Eko selaku guru gugus (gg) pindahan dari Papua turut prihatin menyaksikan gedung sekolah yang belum memiliki pintu gerbang serta sejumlah ruang kelas yang tak berpintu. “ Semestinya pemerintah memperhatikan sekolah ini. Walupun sekolah ini jauh dari pusat ibu kota, tapi pemerintah tetap harus memberikan perhatian khusus. Kita melihat banyaknya ruangan yang tak berpintu sehingga kambing-kambing bebas masuk bahkan menguasai beberapa ruangan. Kotorannya pun banyak sekali dan tentu mengganggu proses pembelajaran.” Unjar Eko yang baru 4 bulan mengabdi di sekolah ini.

Kondisi gedung Sekolah Dasar Negeri 02 yang terletak di Pulau Maringkik yang banyak dikuasai oleh komunitas kambing tentu tidak terlepas dari pihak sekolah yang harus melakukan penjagaan ketat. Namun sayangnya, sekolah dasar ini ternyata belum memiliki pejaga sekolah. Olehnya itu, diharapkan kepeda pemerintah agar mengirimkan atau memperdayakan seorang warga setempat yang dapat memelihara atau menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan sekolah yang telah banyak mencetak alumni yang berprestasi.

Selain pihak sekolah yang harus menjaga keberadaan komunitas kambing yang berkandang di SD Negeri 02 Maringkik, pihak pemerintah setempat seharusnya bekerja sama dengan warga sekitar agar mengamankan hewan piaraannya yang berupa kambing. Entah itu dengan membuat kandang kolektif atau dengan cara tertentu dengan menyesuaikan kondisi lingkungan pulau.

 

 

Baca Juga :


 

 

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan