logoblog

Cari

PAUD ADEK Butuh Gedung

PAUD ADEK Butuh Gedung

KM. Sukamilia – PAUD ADEK merupakan salah satu lembaga pendidkkan yang menyelnggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Program Kelompok Bermain. PAUD ini

Pengaduan Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
09 Mei, 2015 11:00:07
Pengaduan Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 10473 Kali

KM. Sukamilia – PAUD ADEK merupakan salah satu lembaga pendidkkan yang menyelnggarakan Pendidikan Anak Usia Dini Program Kelompok Bermain. PAUD ini dikelola dibawah naungan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ADEK Dusun Batu Santek Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Pada Awalnya pengurus Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ADEK yang bergerak dalam bidang sosial pendidikan merasa terpanggil untuk mengakomodir dan memberdayakan anak-anak usia dini dengan mendirikan PAUD ADEK dan Taman Kesejahteraan Sosial (TAS) ADEK untuk terlibat dalam program kesejahteraan sosial anak balita.

Sekolah ini sudah beroprasi selama 4 tahun, yaitu dari tahun 2011 hingga tahun 2015. Pada saat ini PAUD ADEK yang kami kelola memiliki 42 orang peserta didik dengan usai usia antara 3 sampai 6 tahun dari berbagai latar belakang keluarga dan rata-rata berasal dari keluarga kurang mampu. Perlu diketahui bahwa tempat beroprasinya PAUD ADEK merupakan wilayah terpencil yang berada di kaki Gunung Rinjani, temaptnya di Dusun Batu Santek Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan. Lokasi pendirian PAUD ADEK cukup jauh dari pusat Desa Sambik Elen, yaitu sekitar 4 Km dari Kantor Desa Sambik Elen. Akses jalan raya yang menghubungkan lokasi PAUD ini dengan pusat desa memang sudah bagus namun sarana dan prasarana transportasi untuk menuju lokasi tersebut sangatlah kurang. Itu-lah sebabnya pengelola Lembaga PAUD ADEK berinisiatif untuk mendirikan PAUD guna memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak usia dini yang berada di sekitar wilayah Kekadusan Batu Santek Atas, Dusun Batu Santek Bawak, dan Dusun Bakong.

PAUD ADEK mulai beroprasi sejak tanggal 12 Oktober 2011 dengan Aktenotaris bernomor 01 tertanggal 01 Oktober 2011. PAUD ini juga sudah mendapatkan SK Izin Oprasional dengan nomor 421.9/227/01/DIKBUDPORA/2014. Selain memiliki Izin Oprasional. PAUD ADEK juga sudah memiliki NPWP dengan nomor: 03.194.272.5.915.000. PAUD ADEK memiliki sebidang tanah dengan luas 4 are, hanya saja hingga saat ini PAUD ADEK belum memiliki gedung/ruang belajar sendiri. PAUD ADEK juga belum memiliki sarana dan prasarana belajar yang memadai, namun demikian peserta didik PAUD ADEK sangat termotivasi mengikiti kegiatan pembelajaran dengan sarana dan prasarana seadanya. Keberadaan PAUD ADEK juga sangat disyukuri oleh warga sekitar, hal ini terbukti dari antusias mereka memasukkan anaknya untuk mengikuti pembelajaran di sekolah tersebut.

Sejak awal berdiri hingga saat ini, proses pembelajaran PAUD ADEK dilaksanakan di Gedung Posyandu Dusun Batu Santek. Hanya saja, setelah Gedung Posyandu dipenuhi oleh peralatan-peralatan Posyandu, pembelajaran hanya bisa dilaksanakan di teras Gedung Posyandu. Tahun ini, PAUD ADEK memiliki dua kelompok belajar dengan jumlah 42 orang peserta didik, 18 orang peserta didik kelompok B dan 24 orang peserta didik kelompok A dengan tenaga pendidik sebanyak 3 orang dan satu orang Ketua Pengelola yang sekaligus memegang urusan administrasi.

Untuk membiayai oprasional/kegiatan yang diselenggarakan, sejak tahun 2013 PAUD ADEK sudah mendapatkan Dana BOP sejumlah Rp. 7.200.000/tahun. Dana sejumlah itu tidak mencukupi untuk membiayai kegiatan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lain yang diselenggarakan selama satu tahun, itulah sebabnya sehingga sampai saat ini pengelola PAUD ADEK belum mampu mendirikan gedung/ruang belajar milik sendiri.

 

Baca Juga :


Terkait dengan hal itu, pengelola PAUD ADEK sangat mengharapkan keperdulian dari pemerintah Kabupaten Lombok Utara pada khususnya dan Pemprov Nusa Tenggara Barat untuk memberikan bantuan pengadaan gedung/ruang belajar dan pengadaan sarana serta prasarana kegiatan pembelajaran di PAUD tersebut. Keberadaan PAUD ADEK sangatlah membantu pemerintah dalam rangka pemerataan pendidikan usia dini di sekitar wilayah terpencil, untuk itu sangat diharapkan supaya pemerintah dan pihak-pihat terkait dapat memberikan bantuan/sumbangsih untuk membantu penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien demi mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan beradab.

Dengan demikian, melalui tulisan ini kami mengadukan keadaan dan permasalahan yang dihadapi oleh pengelola PAUD ADEK dalam menyelenggarakan dan mensukseskan pendidikan anak usia dini di sekitar Dusun Batu Santek Atas, Dusun Batu Santek Bawak dan Dusun Bakong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan. Besar harapan kami, tulisan ini dijadikan sebagai permohonan kepada pihak permohonan kepada pihak pemerintah dan pihak-pihak terkait supaya memberikan bantuan pengadaan serana dan prasarana pembelajaran bagi PAUD ADEK yang berlokasi di Dusun Batu Santek Atas Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, terutama untuk pemenuhan kebutuhan gedung/ruang belajar. Atas perhatian dan kerjasama serta sumbangsihnya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. [] - 01

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan